Senin, 12 Juli 2010

MY DREAM

Setiap orang mempuyai hak untuk bermimpi, baik hanya mimpi yang menjadi bunga tidur saja maupun mimpi akan keinginannya dimasa depan (impian). Aku pun mempunyai impian untuk masa depanku nanti. Aku bermimpi ingin menjadi seorang wirausahawan dimasa yang akan datang, tetapi aku juga mempunyai impian ingin menjadi seorang manajer HRD di sebuah perusahaan besar. Dari sini bukan berarti aku harus memilih diantara kedua impianku itu, tetapi aku benar-benar ingin menwujudkan kedua impianku itu.
Aku ingin menjadi seorang wanita karir yang sukses (eksekutif muda) dan menjadi seorang wirausahawan yang berhasil dengan usahanya. Kedua impian ini tidaklah mudah untuk diwujudkan tapi tidak membuatku pesimis. Bagiku mewujudkan kedua impianku ini membutuhkan semangat dan optimisme yang tinggi.
Untuk menjadi seorang manajer HRD yang sukses haruslah dirintis mulai dari sekarang. Menjadi seorang manajer HRD yang baik tidaklah mudah, aku masih perlu banyak belajar.
Beberapa ciri manajer yang baik adalah mendengarkan bawahannya, menjadi inspirasi bagi orang lain, menjadi penunjuk jalan, mengilhamkan wawasan bersama, menjadi motivator, terbuka, jujur, berpadangan kedepan, dan lain sebagainya. Banyak hal yang masih harus aku pelajari. Usahaku masih sekitar belajar dan belajar, baik itu dari teori-teori yang ada maupun dari pengalaman-pengalaman orang-orang disekitarku. Aku juga masih berusaha untuk menerakan ilmu-ilmu yang aku dapat. Contoh kecilnya saja yaitu belajar untuk mendengarkan curhatan-curhatan teman-temanku. Dari sini aku belajar untuk mendengarkan, memberi saran, memperhatikan, dan berempati.
Sedangkan untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses juga aku masih perlu belajar banyak. Seorang wirausahawan yang sukses haruslah memiliki etos kerja yang tinggi, tidak mudah putus asa, kreatif, mau belajar, inovatif, percaya diri, networking, memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain, dan mampu memanfaatkan waktu. Seorang wirausahawan juga memiliki jiwa independen, ulet, tekun, dan berani mengambil resiko. Setiap usaha pasti memiliki resiko, baik itu beresiko kecil maupun besar, semua resiko ini tergantung dari keputusan masing-masing wirausahawan. Itulah mengapa wirausahawan harus memiliki keberanian mengambil resiko karena jika tidak berani maka usahanya akan stagnan disituasi itu saja, tidak dapat berkembang, bahkan mungkin bisa bangkrut.
Nah, untuk mewujudkan impianku yang satu lagi ini aku juga perlu belajar ekstra keras. Banyak hal yang belum aku kuasai dan aku mengerti. Aku masih baru belajar beberapa hal saja dan untungnya keluarga besarku juga mayoritas merupakan wirausahawan. Jadi aku bisa belajar banyak dan banyak bertanya kepada mereka.
Ibuku juga mempunyai usaha toko kecil-kecilan. Aku sudah sedikit belajar dari usaha beliau ini. Belajar bagaimana strategi usaha yang baik dan mulai menyadari bahwa dunia kerja terutama bisnis saat ini sudah terbuka. Maksudnya semua orang dapat dengan mudah mengetahui orang ini membuka usaha dibidang apa, siapakah saingan untuk usaha-usaha mereka, dan lain sebagainya. Dari sini aku jadi teringat akan salah satu pengetahuan yang pernah dibicarakan oleh salah satu dosen PIO-ku, yaitu Pak Bukik. Beliau menjelaskan bahwa sekarang sudah ada istilah “The World is Flat”. Maksudnya sama dengan apa yang dibicarakan oleh ibuku bahwa setiap pebisnis atau wirausahawan sudah dapat mengetahui dengan mudah siapa saingannya, apa yang dikerjakan oleh orang lain, dan lain sebagainya. Tidak lagi berlaku istilah “The World is Round”, dimana orang yang ada dibelahan dunia utara tidak mengetahui kegiatan orang yang berada di dunia bagian selatan.
Dengan adanya perkembangan di dunia bisnis dan teknologi yang menggila seperti sekarang ini maka aku memang dituntut untuk harus semakin giat belajar dan berinovasi. Menjadi seorang wirausahawan, terutama dibidang souvenir atau pernak-pernik, memang membutuhkan kreatifitas dan inovasi yang tinggi. Apalagi tidak sedikit orang yang memiliki usaha pernak-pernik atau souvenir dimasa sekarang.
Aku ingin menjadi seorang tokoh usahawan yang dikenal banyak orang, seperti Louis Vuitton. Siapa yang tidak kenal dengan nama Louis Vuitton?? Sebagian besar orang diberbagai kalangan pasti mengenal nama ini. Beliau adalah seorang wirausahawan dibidang aksesoris, dalam hal ini tas, yang sangat terkenal dan tersohor. Dengan kemewahan dan kesan elegan yang ditampilkan oleh karyanya membuat semua kalangan ingin memilikinya. Aku ingin menjadi seperti beliau, menjadi seorang yang unik dan berbeda. Aku ingin dikenal karena keoriginalitasannya dan daya kreatifitasnya yang tinggi.
Aku ingin menghasilkan karya yang berbeda, unik, dan membawa kesan “keindonesiaan” didalamnya. Aku ingin semua orang mengetahui Indonesia melalui hasil karyaku. Oleh sebab itu, masih banyak hal yang harus aku pelajari. Dengan usaha yang keras, pantang menyerah, dan keinginan belajar yang tinggi aku berharap bisa mewujudkan impian-impianku ini.


BE ORIGINAL, UNIC, CREATIF, and INOVATIF

1 komentar:

  1. "Aku ingin menjadi seperti beliau, menjadi seorang yang unik dan berbeda. Aku ingin dikenal karena keoriginalitasannya dan daya kreatifitasnya yang tinggi.
    Aku ingin menghasilkan karya yang berbeda, unik, dan membawa kesan “keindonesiaan” didalamnya. Aku ingin semua orang mengetahui Indonesia melalui hasil karyaku. Oleh sebab itu, masih banyak hal yang harus aku pelajari. Dengan usaha yang keras, pantang menyerah, dan keinginan belajar yang tinggi aku berharap bisa mewujudkan impian-impianku ini"

    Berarti kamu pingin bikin apa??

    BalasHapus